Menulis Annual Report itu Seperti Bikin Roti Bolu

AR PLN Batam 2011 boleh dibilang debut pertama perusahaan itu masuk ajang ARA dan sukses

AR PLN Batam 2011 adalah langkah awal  perusahaan itu masuk ajang ARA dan sukses

Jelang sore ini, istri saya  baru saja kirim roti bolu buat kudapan anak-anak kantor. Sepertinya kok menggoda.

Cuaca di luar masih mendung saja sejak hujan tadi malam dan berlanjut pagi. Meskipun saya menyebut cuaca hujan, itu tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Pekerjaan ya tetaplah pekerjaan. Hujan tak boleh disalahkan.

Bahkan mereka sudah dua malam begadang sejak Rabu. Sore ini, ada tenggat buku annual report yang harus diserahkan ke klien.

Melihat bolu warna kecoklatan itu, saya jadi tak tahan menyentuhnya. Setelah saya ngider ke sana ke mari ke anak-anak kantor, mereka tetap saja tak bergeming di depan komputer mereka.

Bahkan, sejam lalu stas saya Oka sambil bercanda  bilang:”Pak… jangan lihat di komputer Aan… nanti bisa dibacok loh. Pake lap top saya aja!”

Memang, semua sedang genting dengan kerjaan masing-masing. Dan itu bikin suasana sensitif.

Soal roti bolu itu, nggak tahu tiba-tiba saja datang tanpa dipesan. Saya jadi ingat kejadian kemarin pagi saat kedatangan klien ke kantor saya, Bostonprice Asia.

Inge namanya. Setelah ngobrol basa-basi ngalor ngidul, dia bertanya:

“Pak Anab…. kalau menulis company profile bisa nggak?”

Saya agak bingung bagaimana menjelaskannya.

“Bagaimana yaa..?” saya balk bertanya.

Lantas saya jelaskan demikian:

Begini… jika boleh saya ibaratkan menulis Annual Report itu seperti membuat roti bolu atau roti lapis Surabaya. Nah, kalau menulis company profile itu, hanya sebatas seperti membuat telur kocok dicampur tepung, garam, dan bawang merah saja.

“Ohh begitu yaaa…. “.

Inge pun jadi paham. Bila seorang bisa menulis annual report, pastilah ia bisa menulis company profile. Karena company profile merupakan bagian kecil saja dari isi annual report.

Di akhir pembicaraaan dia menunjukkan sebuah buku company profile sebuah perusahaan asuransi pelat merah terkemuka.

“Hla ini…. judulnya kok masih mirip sama yang sa buat ya?”

Inge terbelalak. Sebab, saya pernah dua tahun berturut-turut ditunjuk sebagai Penulis Annual Report perusahaan itu dan juara juara ARA berturut-turut, sekaligus juga penulis company profile perusahaan itu yang dibuat secara terpisah./*

Leave a Reply

