Konsultan Annual Report Peluang Menjanjikan bagi Wartawan

Saya sudah sering kali membahas ini. Baik dalam kesempatan insidentil saat ngopi-ngopi maupun obrolan di  grup Whats Up.

Bahkan, dua tabun lalu saya pernah mengumpulkan sekitar 20 wartawan mempresentasikan peluang ini. Lalu saya berikan mereka tugas-tugas pancingan untuk sekadar berlatih atau menyegarkan diri.

Mereka sangat antusias.

Sayangnya, hampir semuanya sudah berusia lanjut. Rata-rata berumur 50 tahun ke atas. Hal itu mempengaruhi irama dan fokus mereka untuk sedikit saja belajar hal baru. Suatu bidang yang sebetulnya, secara teori, tidaklah sulit bagi mereka.

Setidaknya, sejak enam tahun silam, saya aktif memberikan berbagai pelatihan penyusunan annual report. Tidak hanya untuk para staf corporate secretary perusahaan-perusahaan penerbit annual report. Tetapi juga mereka yang ingin menekuni profesi sebagai konsultan annual report.

Beberapa diantara mereka berhasil. Umumnya, dari sisi umur memang masih muda.

Uniknya, mereka itu kebanyakan belajar dari nol. Bahkan menyusun kalimat 5 W + 1 H pun, awalnya tidak bisa. Saya latih mereka di kantor saya. Day to day. Tidak butuh waktu lama, mereka sudah bisa. Mereka berjumlah puluhan anak muda.

Bagamana dengan Anda para wartawan?

Saya yakin kemampuan Anda sekian kali lipat dari anak-anak didik saya itu. Mereka kini bisa bekerja dari rumah-rumah mereka. Kapan saja mereka mau.

Apalagi, jika Anda adalah wartawan ekonomi. Tentu sudah tidak asing lagi dengan pemahaman ekonomi dan industri. Mengingat laporan tahunan adalah dokumen yang berisi uraian kinerja bisnis dan keuangan.

Ini adalah peluang profesi menjanjikan bagi Anda. Nyaris tidak ada persaingan di sana.

Lihatlah, setiap tahun, setidaknya terdapat seribu perusahaan yang wajib menyusun buku laporan tahunan atau annual report. Mereka adalah perusahaan-perusahaan BUMN beserta anak-anaknya, perusahaan keuangan, perbankan, asuransi, dan seluruh perusahaan yang sudah listed di Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk yang terakhir itu, setiap tahun bertambah jumlahnya rata-rata 30-50 perusahaan.

So, bayangkan. Dalam lima tahun ke depan, paling tidak akan bertambah lagi minimal 300 perusahaan listed yang wajib menyetorkan annual report ke OJK.

“Tetapi saya kan masih tetap ingin jadi wartawan?”

Tidak masalah juga.  Waktu Anda masih tersedia lebih dari cukup untuk menjalankan profesi baru Anda sebagai konsultan annual report. Anda bisa bekerja kapan saja. Di mana saja. Tanpa mengubah ritme kerja Anda sebagai wartawan.

Yang berubah hanya satu: isi kantong Anda kini bertambah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s