Lembaga Sosial Pun Wajib Terbitkan Annual Report

Inilah yang belum menjadi pemahaman dan kesadaran. Sesunguhnya, annual report, bukan melulu wajib bagi lembaga bisnis. Maka, ijinkan saya membuka isu ini. Sepertinya, masih belum ada yang melakukannya.

Well.

Menurut saya, lembaga-lembaga sosial pun wajib menerbitkan buku annual report setiap tahunnya. Sebab itu sebagai komitmen implementasi  transparansi dan akuntabilitas lembaga sosial kepada masyarakat dan seluruh stakeholders.

Selama ini masyarakat masih salah memahami apa itu annual report. Mereka mengira  buku laporan tahunan hanya diwajibkan bagi korporasi. Khususnya perusahaan yang sudah go public saja.

Mungkin akan muncul pertanyaan. Apa landasan atau pijakan yang melahirkan pemikiran ini?  Lembaga-lembaga sosial tersebuh  wajib menerbitkan buku annual report setiap tahunnya, karena itu adalah bentuk  komitmen implementasi good governance. Sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas mereka kepada masyarakat dan seluruh stakeholders.

Dus, jika Anda pimpinan lembaga, aktifis, para pengelola badan-badan amal dan zakat, para kyai barangkali, atau pun pimpinan pesantren, penting sekali membuka pemahaman ini. Meskipun, saya yakin tidak sedikit lembaga-lembaga sosial itu yang sudah aware.

Kita tahu. Di Indonesia ini banyak sekali lembaga sosial maupun yayasan yang hampir seluruh operasinya didanai masyarakat. Seperti yayasan pendidikan, pesantren, yayasan amal, dan sebagainya.

Namun sayangnya mereka belum memiliki kesadaran tentang pentingnya transparansi dan akuntabilitas publik melalui penerbitan annual report tersebut. Hal itu terjadi oleh karena  minimnya edukasi. Bahkan lembaga-lembaga yang semestinya aktif menggelar program edukasi seperti OJK, kurang memperhatikan hal ini.

Untuk itu, diperlukan inisiatif dan partisipasi masyarakat. Utamanya untuk terus memberikan edukasi kepada lembaga-lembaga non profit tersebut. Baik edukasi untuk membangun kesadaran pentingnya laporan tahunan, maupun edukasi teknis tentang seluk-beluk penyusunan annual report yang benar.

Benar sesuai kaidah dan sistematikanya. Juga bagus dari aspek komunikasi kreatifnya, tentunya.

Jadi, kita mulai saja. Persiapkan segala sesuatunya untuk penyusunan annual report tahun buku 2019. Sekarang juga!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s