Jadikan LKPJ sebagai Media Komunikasi Kreatif Pemerintah Daerah

Pelatihan Penyusunan Laporan Tahunan  di Kementerian Keuangan RI, 26-27 November 2015

Tidak berbeda dengan perusahaaan atau lembaga lainnya.  Pemerintah Daerah (Pemda) setiap tahun juga wajib menyampaikan capaian kinerja pengelolaan daerah. Disebut dengan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban. Dikenal dengan sebutan LKPJ.

Jadi, sederhananya, LKPJ dapat kita  analogikan sebagai Laporan Tahunan atau Annual Report-nya Kepala Daerah. Sebab, ia memiliki peran dan fungsi yang sama seperti annnual report perusahaan. Hanya berbeda sistematika dan target pembacanya saja. Perbedaan berikutnya adalah dari sisi penyajian dan kemasannya.

Jika annual report disajikan dan dikemas dengan menonjolkan aspek kreatif dan komunikasinya, LKPJ umumnya masih sebatas dokumen teks. Tanpa unsur kreatif seperti grafis dan foto pendukung. Mirip skripsi atau tesis.

LKPJ disampaikan oleh kepala daerah seperti bupati atau walikota kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPRD). Setiap akhir Maret atau awal April.

Sedangkan annual report disampaikan kepada pemegang saham perusahaan dan seluruh stakeholders-nya.

Dengan demikian, secara filosofi, baik LKPJ maupun annual report mimilki misi yang sama. Hanya satu perbedaan yang menyolok diantara keduanya adalah: annual report telah menjadi media komunikasi strategis bagi korporasi maupun institusi.

Di sinilah isu yang menurut saya layak dipertimbangakan oleh kepala daerah serta para pemangku kepentingan di sana. LKPJ merupakan dokumen penting dan strategis yang isinya menceritakan perjalanan pelaksanaan pengelolaan daerah. Kenapa tidak sekalian saja, dokumen ini disiapkan sebagai media komunikasi bagi pemerintah daerah.

Menjadikan LKPJ sebagai media komunikasi bagi pemerintah daerah memiliki sararan strategis.

Pertama, media ini akan menjadi sarana untuk membangun citra positif atas berbagai pencapaian yang telah diraih oleh masing-masing kepala daerah.

Kedua, bisa menjadi media komunikasi pemasaran atas berbagai potensi daerah yang dimiliki.

Ketiga, dokumen ini akan menjadi rujukan masyarakat serta  pihak mana saja yang memiliki kepentingan dengan pemerintah daerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s